Begini loh Cara Menghemat Bensin Mobil

hemat bensin mobil
Bensin atau BBM itu merupakan salah sumber energi yang tidak terbarukan. Hal ini barangkali yang menjadi salah satu faktor kenapa harga bensin selalu naik dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, alangkah bijaknya bagi Anda pemilik mobil apakh itu honda mobilio atau suzuki ertiga dan lain sebagainya  untuk membiasakan diri melakukan penghematan konsumsi bensin atau BBM saat mengendarai mobil Anda.

Pemakaian BBM saat mengemudikan mobil memang dipengaruhi banyak faktor. Selain karena Spesifikasi kapasitas mesin mobil itu sendiri, konsumsi BBM juga bisa disebabkan beberapa hal seperti perilaku berkendara, jenis dan situasi jalan, serta performa dari mesin mobilnya. Untuk itu, dibawah ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar konsumsi BBM mobil Anda lebih efisien.

1. Waktu pemanasan mesin mobil. Dalam hal ini sebaiknya Anda batasi waktunya agar tidak kelewat lama. Untuk mesin mobil dengan kondisi normal, rata-rata waktu pemanasan yang diperlukan sekitar 2 - 3 menit saja.

2. Timing pergantian gigi transmisi. Saat berkendara biasakan bila hendak mengganti gigi transmisi, rpm mobil disesuaikan berada di range 2000 - 3000. Ini akan lebih menghemat pemakaian bensin.

3. Biasakan untuk tidak mengerem atau mempercepat mobil secara mendadak. Ini salah satu pemborosan yang seringkali tidak disadari.

4. Pastikan selalu tekanan angin ban tidak kurang dan sesuai dengan batas yang direkomendasikan. Ban dengan tekanan angin yang kurang alias kempes memperbesar friksi mobil dengan jalan, tambahan beban untuk mesin mobil.

5. Usahakan sedapat mungkin memilih jalur lalu lintas yang relatif lancar dan tidak macet. Cek juga muatan mobil, hilangkan barang yang tidak perlu agar beban mobil berkurang.

6. Tidak perlu menyalakan mobil sambil menginjak pedal gas. Umumnya mobil buatan sekarang tidak melakukan lagi hal tersebut.

7. Biasakan mematikan mobil saat sedang parkir atau menunggu.

8. Dan yang terakhir, lakukan perawatan atau servislah mobil anda secara rutin agar performa mesin mobil anda tetap optimal. Pengapian yang kurang baik akibat busi, filter udara atau throttle body yang kotor bisa membuat boros pemakaian bensin.

Nah demikian sekilas cara menghemat konsumsi Bensin / BBM mobil. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar: